SYARAT DAN KETENTUAN Mega Internet INDIVIDU, MEGA MOBILE BANKING DAN MEGA TOKEN PT. BANK MEGA Tbk.


  1. Definisi
    1. Bank adalah PT Bank Mega, Tbk yang meliputi Kantor Pusat dan Kantor Cabang serta kantor lainnya yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari PT.Bank Mega, Tbk.
    2. Nasabah adalah perorangan pemilik rekening Tabungan dan atau Giro dan atau Deposito pada Bank.
    3. Nasabah Pengguna adalah Nasabah yang telah terdaftar sebagai pengguna Mega Internet dan atau Mega Mobile Banking.
    4. Mega Internet adalah salah satu layanan perbankan elektronik melalui jaringan internet yang disediakan Bank bagi Nasabah perorangan.
    5. Mega Mobile Banking adalah layanan perbankan elektronik melalui sarana telepon seluler GSM atau CDMA berbasis teknologi JAVA, yang disediakan Bank bagi Nasabah perorangan.
    6. Mega Token atau yang disebut juga Mobile Token adalah alat dalam bentuk program/perangkat lunak yang digunakan untuk mengotentikasi transaksi.
    7. User ID adalah identitas yang dibuat oleh Nasabah Pengguna pada waktu melakukan registrasi di website Bank di www.bankmega.com dan harus dicantumkan/diinput dalam setiap penggunaan layanan Mega Internet dan atau Mega Mobile Banking.
    8. Password adalah kata sandi yang dibuat oleh Nasabah Pengguna yang bersifat pribadi dan rahasia dan hanya diketahui oleh Nasabah Pengguna yang terdiri dari kombinasi huruf dan angka (alfanumerik) dengan panjang 6 (enam) hingga 9 (sembilan) karakter, dan harus dicantumkan/diinput dalam setiap penggunaan layanan.Mega Internet dan atau Mega Mobile Banking
    9. Security Image adalah alat pengaman berupa gambar yang dipilih oleh Nasabah Pengguna pada waktu melakukan registrasi yang digunakan sebagai indikator keabsahan situs Mega Internet ataupun Mobile Banking (Anti Phising).
    10. Secret Question adalah alat pengaman tambahan berupa pertanyaan dan jawaban rahasia yang dipilih dan hanya diketahui oleh Nasabah Pengguna.
    11. PIN (Personal Identification Number) adalah suatu deretan 6 angka yang dibuat oleh Nasabah Pengguna pada waktu mengaktifasi Mega Token yang bersifat pribadi dan rahasia dan hanya diketahui oleh Nasabah Pengguna dan harus dicantumkan/diinput dalam setiap penggunaan Mega Token.
    12. TIN (Transaction Identification Number) adalah deretan angka-angka yang menjadi kode rahasia sekali pakai yang dihasilkan oleh Mega Token dan digunakan untuk mengotentikasi setiap Transaksi Finansial yang dibuat melalui Mega Internet ataupun Mega Mobile Banking.
    13. Verification Code adalah kombinasi huruf dan angka yang diperoleh Nasabah dari Mega ATM pada waktu registrasi layanan Mega Internet dan Mega Mobile Banking.
    14. Layanan Informasi adalah layanan yang disediakan Bank bagi Nasabah dalam bentuk penjelasan umum tetang fitur produk/jasa Bank dan penjelasan lainnya seperti informasi lokasi cabang, suku bunga dan nilai tukar valuta.
    15. Transaksi Non Finansial adalah Layanan Informasi dalam bentuk transaksi yang tidak berdampak pada perubahan saldo rekening seperti Informasi Saldo, Mutasi Rekening, perubahan data dan transaksi-transaksi lain sesuai dengan ketentuan Bank.
    16. Transaksi Finansial adalah layanan yang disedikan Bank bagi Nasabah dalam bentuk transaksi-transaksi yang berdampak pada perubahan saldo rekening seperti transaksi pemindahbukuan (Overbooking), pembayaran tagihan, isi ulang pulsa (voucher reload), dan transaksi-transaksi lain yang disediakan dan disetujui oleh Bank.
    17. Transaksi Perbankan adalah Transaksi Non Finansial dan Transaksi Finansial.
    18. Rekening Utama adalah rekening atas nama Nasabah yang berstatus aktif, dan merupakan rekening pertama yang terdaftar pada layanan Mega Internet maupun Mega Mobile Banking dan digunakan untuk pendebetan biaya yang akan dibebankan sesuai kebijakan Bank.
    19. Formulir Registrasi adalah formulir yang harus diisi oleh Nasabah antara lain paket fasilitas, penambahan, perubahan, dan penutupan di Mega Internet ataupun Mega Mobile Banking.
    20. Operator GSM adalah penyedia layanan jaringan telekomunikasi bergerak seluler (Global System for Mobile Communication/GSM).
    21. Operator CDMA adalah penyedia layanan jaringan telekomunikasi bergerak seluler (Code Division Multiple Access) .
    22. Notifikasi adalah layanan pemberitahuan melalui SMS dan atau eMail atas transaksi berhasil/gagal yang dilakukan oleh Nasabah Pengguna melalui Mega Internet ataupun Mega Mobile Banking.

  2. Registrasi
    1. Nasabah melakukan registrasi tahap pertama layanan Mega Internet dan Mega Mobile Banking melalui terminal Mega ATM.
    2. Mega ATM akan menghasilkan struk yang berisi Verification Code untuk registrasi yang berhasil.
    3. Nasabah melakukan registrasi tahap dua melalui website www.bankmega.com dengan mencantumkan/menginput Verification Code, Nomor Kartu ATM dan Nomor Telepon Seluler.
    4. Nasabah membuat User ID, Password dan lainnya melalui www.bankmega.com.
    5. Nasabah hanya membuat 1 (satu) User ID dan 1 (satu) Password yang digunakan untuk mengakses layanan Mega Internet maupun Mega Mobile Banking.
    6. Nasabah dapat melakukan penambahan dan perubahan data rekening milik Nasabah dengan mengisi Formulir Registrasi melalui kantor Bank yang terdekat.

  3. Fasilitas
    1. Jenis fasilitas yang diberikan dalam layanan Mega Internet ataupun Mega Mobile Banking adalah seluruh paket layanan yang tersedia di dalam sistem Mega Internet ataupun Mega Mobile Banking.
    2. Bank setiap saat dapat mengubah fasilitas ataupun kebijakan layanan Mega Internet ataupun Mega Mobile Banking.

  4. User ID, Password, Security Image, Secret Question, PIN dan TIN
    1. Nasabah diberi kebebasan untuk membuat Password dan PIN sendiri dan dapat melakukan perubahan atau penggantian apabila terindikasi diketahui oleh pihak lain.
    2. Nasabah Pengguna mempunyai hak akses penuh atas User ID, Password, Security Image, Secret Question, PIN dan TIN.
    3. Nasabah Pengguna akan diminta oleh sistem Mega Internet ataupun Mega Mobile Banking untuk merubah Password secara berkala.
    4. Bilamana Nasabah Pengguna salah memasukkan Password sebanyak 3 (tiga) kali maka sistem Mega Internet maupun Mega Mobile Banking akan memblokir User ID secara otomatis. Nasabah Pengguna harus menghubungi Bank untuk membuka blokir.
    5. Bilamana Nasabah lupa Password dan internet account-nya masih aktif (tidak terkunci), maka untuk membuat Password baru dapat dilakukan melalui 'link forget password' di halaman login pada website www.bankmega.com.
    6. Bilamana Nasabah Pengguna lupa User ID dan atau alamat Email, maka Nasabah Pengguna harus menghubungi Bank untuk melakukan penutupan layanan Mega Internet maupun Mega Mobile Banking agar dapat melakukan registrasi kembali di Mega ATM.
    7. Nasabah Pengguna tidak diperkenankan berbagi-pakai dengan atau memberitahukan kepada pihak manapun tentang User ID, Password, Security Image, Secret Question, PIN dan TIN yang dimilikinya.
    8. Nasabah Pengguna disarankan tidak mencatat User ID, Password, Security Image, Secret Question, PIN dan TIN di media apapun untuk menghindari penyalahgunaan atau tindak kejahatan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
    9. Kerahasiaan atas User ID, Password, Security Image, Secret Question, PIN dan TIN adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab Nasabah Pengguna.
    10. Berhati-hati dalam menggunakan PIN agar tidak diketahui oleh pihak lain dengan cara memilih PIN berdasarkan nomor yang tidak mudah diterka oleh pihak lain seperti tanggal lahir atau kombinasinya.
    11. Penggunaan User ID, Password, Security Image, Secret Question, PIN dan TIN mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan perintah tertulis yang ditandatangani oleh Nasabah Pengguna sehingga Nasabah Pengguna menyatakan bahwa penggunaan User ID, Password, Security Image, Secret Question, PIN dan TIN dalam setiap perintah atas transaksi melalui Mega Internet ataupun Mega Mobile Banking merupakan pemberian kuasa dari Nasabah Pengguna kepada Bank untuk melakukan transaksi.
    12. Bilamana terjadi penyalahgunaan User ID, Password, Security Image, Secret Question , PIN dan TIN oleh pihak-pihak yang tidak bertangungjawab sebagai akibat dari kelalaian Nasabah Pengguna, maka Bank dibebaskan dari segala macam tuntutan.

  5. Rekening
    1. Rekening yang dapat didaftarkan pada layanan Mega Internet maupun Mega Mobile Banking harus jenis rekening tunggal atau Join QQ.
    2. Jenis rekening yang dapat didaftarkan pada layanan Mega Internet maupun Mega Mobile Banking sebagai Rekening Utama adalah rekening jenis Tabungan dan atau Giro dalam mata uang Rupiah.
    3. Jenis rekening yang dapat didaftarkan pada layanan Mega Internet maupun Mega Mobile Banking sebagai rekening sumber dana adalah rekening jenis Tabungan dan atau Giro
    4. Jenis rekening selain Tabungan dan atau Giro dapat didaftarkan pada layanan Mega Internet maupun Mega Mobile Banking sebagai rekening tambahan untuk keperluan informasi
    5. Rekening Utama dan rekening lainnya yang terdaftar pada layanan Mega Internet maupun Mega Mobile Banking merupakan data rekening - rekening dalam 1 (satu) CIF Nasabah.

  6. Perubahan Fasilitas atau Manfaat atau Limit
    1. Nasabah Pengguna diperkenankan untuk merubah atau mengganti fasilitas atau manfaat atau limit transaksi yang telah dimiliki.
    2. Pengajuan perubahan atas fasilitas dan/atau manfaat dan/atau limit transaksi harus disampaikan secara tertulis kepada Bank minimal 7 (tujuh) hari kerja sebelum efektifnya perubahan.
    3. Bank memiliki kewenangan untuk meluluskan atau menolak permintaan perubahan fasilitas ataupun limit transaksi.

  7. Mega Token
    1. Setiap Nasabah Pengguna wajib menggunakan Mega Token untuk melakukan otentikasi terhadap Transaksi Finansial.
    2. Mega Token hanya boleh digunakan oleh Nasabah Pengguna dan tidak boleh dipindahtangankan dengan cara apapun juga.
    3. Nasabah Pengguna memperoleh Mega Token dengan cara mengunduh (download) pada menu Administrasi, submenu Mega Token dari Mega Internet.
    4. Mega Token tidak dapat dipergunakan untuk tujuan-tujuan lain selain untuk mengotentikasi Transaksi-transaksi Finansial yang telah ditentukan oleh Bank.
    5. Nasabah Pengguna diwajibkan menghapus aplikasi Mega Token yang tersimpan di telepon seluler apabila hendak mengganti nomor dan merk telepon seluler.
    6. Nasabah Pengguna disarankan menghubungi call center Bank untuk memblokir User ID apabila telepon selulernya hilang, kecurian, berpindahtangan kepada pihak lain dan lainnya.
    7. Bilamana terjadi penyalahgunaan Mega Token oleh pihak-pihak yang tidak bertangungjawab sebagai akibat dari kelalaian Nasabah Pengguna, maka Bank dibebaskan dari segala macam tuntutan.

  8. Akses Internet Banking Individu & Mobile Banking
    1. Nasabah Pengguna dapat mengakses layanan Mega Internet melalui website Bank di alamat http://www.bankmega.com.
    2. Nasabah Pengguna dapat mengakses layanan Mega Internet ataupun Mega Mobile Banking dengan memasukkan User ID, mengecek Security Image, memasukkan Password, dan menjawab Secret Question dengan benar.
    3. Nasabah Pengguna disarankan menghapus email ataupun SMS Notifikasi dari Bank yang berisikan data registrasi, password ataupun perubahannya maupun data transaksi Nasabah Pengguna apabila telah membaca email ataupun SMS Notifikasi tersebut.
    4. Nasabah dianjurkan untuk tidak mengakses Mega Internet ataupun Mega Mobile Banking melalui fasilitas layanan internet gratis (Free of Charge Public Internet Service) ataupun layanan WiFi gratis (Free of Charge WiFi).
    5. Kerugian yang dialami oleh Nasabah Pengguna sebagai akibat dari penggunaan layanan internet gratis ataupun layanan WiFi gratis sebagimana dimaksudkan dalam angka 4 di atas, sepenuhnya menjadi tanggungjawab Nasabah Pengguna.

  9. Transaksi
    1. Nasabah Pengguna harus mencantumkan atau mengisi semua data yang dibutuhkan untuk setiap transaksi secara benar dan lengkap.
    2. Pada setiap Transaksi Finansial, sistem akan selalu melakukan konfirmasi terhadap data yang telah tercatat atau dicantumkan pada Mega Internet ataupun Mega Mobile Banking dan Nasabah Pengguna diberikan kesempatan untuk memperbaiki atau membatalkan data tersebut.
    3. Kebenaran atau kesalahan data yang tercatat pada Mega Internet ataupun Mega Mobile Banking sepenuhnya merupakan tanggungjawab Nasabah Pengguna.
    4. Transaksi Finansial yang berhasil dilakukan oleh Bank berdasarkan intruksi Nasabah Pengguna akan mendapatkan bukti transaksi.
    5. Bank berhak untuk tidak melaksanakan perintah dari Nasabah Pengguna bila Bank mengetahui dan mempunyai alasan untuk menduga bahwa penipuan atau aksi kejahatan telah dilakukan.

  10. Pembuktian
    1. Nasabah Pengguna setuju bahwa catatan, tape/cartridge, print out komputer, salinan atau bentuk penyimpanan informasi atau data lain adalah bukti yang sah atas transaksi dari Nasabah Pengguna, demikian juga sarana komunikasi lain yang diterima atau dikirimkan oleh Bank.
    2. Nasabah Pengguna setuju untuk tidak membantah keabsahan, kebenaran atau keaslian bukti transaksi dan komunikasi yang ditransmisi secara elektronik antara kedua belah pihak, termasuk dokumen dalam bentuk catatan komputer atau bukti transaksi Bank, tape/cartridge, print our komputer, salinan atau bentuk penyimpanan informasi yang lain, dan semua alat atau dokumen tersebut merupakan satu-satunya alat bukti yang sah atas transaksi-transaksi perbankan melalui layanan Mega Internet ataupun Mega Mobile Banking.
    3. Dengan melakukan transaksi melalui layanan Mega Internet ataupun Mega Mobile Banking, Nasabah Pengguna mengakui semua komunikasi dan transaksi dari Nasabah Pengguna yang diterima Bank akan diperlakukan sebagai alat bukti yang sah meskipun tidak dibuatkan dokumen tertulis dan tidak dikeluarkan dokumen yang ditandatangani.

  11. Nomor Telepon Selular
    1. Nasabah Pengguna wajib untuk mendaftarkan nomor telepon selular yang dimilikinya untuk keperluan yang berhubungan dengan layanan Mega Internet ataupun Mega Mobile Banking.
    2. Penyalahgunaan nomor telepon selular yang didaftarkan pada layanan Mega Internet ataupun Mega Mobile Banking sepenuhnya menjadi tanggungjawab Nasabah Pengguna.

  12. Electronic Mail (Email)
    1. Nasabah Pengguna wajib untuk mendaftarkan alamat email pribadi yang telah dimiliki oleh Nasabah Pengguna untuk pengiriman bukti transaksi berhasil maupun segala sesuatu yang berkaitan dengan layanan Mega Internet ataupun Mega Mobile Banking.
    2. Penyalahgunaan alamat email yang didaftarkan pada layanan Mega Internet ataupun Mega Mobile Banking sepenuhnya menjadi tanggungjawab Nasabah Pengguna.

  13. Biaya Administrasi
    1. Bank berhak untuk membebankan biaya administrasi secara berkala atau biaya transaksi melalui layanan Mega Internet ataupun Mega Mobile Banking.
    2. Apabila terjadi kegagalan pemrosesan pada tanggal efektif transaksi yang bukan disebabkan oleh kesalahan pihak Bank, maka Nasabah tetap dikenakan biaya.
    3. Pendebetan biaya administrasi akan dilakukan secara otomatis oleh sistem terhadap Rekening Utama.
    4. Bank berhak melakukan perubahan biaya administrasi ataupun biaya transaksi tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Nasabah Pengguna.

  14. Force Majeure
    1. Nasabah Pengguna akan membebaskan Bank dari segala tuntutan, dalam hal Bank tidak dapat melaksanakan transaksi dari Nasabah Pengguna baik sebagian maupun seluruhnya yang disebabkan oleh kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kekuasaan atau kemampuan Bank termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, perang, huru-hara, keadaan peralatan, sistem atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijaksanaan pemerintah, serta kejadian-kejadian atau sebab-sebab lain di luar kekuasaan atau kemampuan Bank.
    2. Bank tidak bertanggungjawab bilamana terjadi kerusakan pada aplikasi Mega Internet ataupun Mega Mobile Banking yang disebabkan oleh kesalahan atau kelalain Nasabah Pengguna atau sebab-sebab lain seperti: virus, trojan, worms, listrik padam, kabel putus, kerusakan pada perangkat keras komputer dan lain-lain.

  15. Pengakhiran Layanan

    Layanan Mega Internet maupun Mega Mobile Banking akan berakhir jika memenuhi salah satu poin berikut:

    • Nasabah Pengguna mengajukan permohonan pengakhirannya layanan Mega Internet maupun Mega Mobile Banking secara tertulis dengan mengisi Formulir Registrasi yang disediakan oleh Bank melalui kantor Bank terdekat.
    • Nasabah Pengguna menutup rekening di Bank.
    • Diterimanya laporan tertulis dari Nasabah Pengguna mengenai dugaan atau diketahuinya User ID, Password, Security Image, Secret Question dan PIN oleh pihak lain.
    • Bank menemukan adanya penyalahgunaan rekening oleh Nasabah Pengguna dalam kaitannya dengan pelanggaran hukum.
    • Bank melaksanakan suatu kewajiban untuk penghentian akses layanan Mega Internet ataupun Mega Mobile Banking karena keharusan berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
    • Bank mengalami gangguan sehingga menghentikan pemberian jasa layanan tersebut dengan menyampaikan pemberitahuan kepada Nasabah baik secara lisan ataupun tulisan.

  16. Perubahan Syarat dan Ketentuan

    Bank setiap saat berhak mengubah, melengkapi atau mengganti syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan ini dengan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu oleh Bank kepada Nasabah Pengguna dalam bentuk dan melalui sarana apa pun. Setiap perubahan atas syarat dan ketentuan ini mengikat Nasabah Pengguna.

  17. Lain-Lain

    Syarat dan Ketentuan ini tunduk pada Hukum Indonesia dan berlaku sebagai Perjanjian bagi Kedua belah pihak.


Dengan ini Saya menyatakan sudah membaca, menerima dan menyetujui "Syarat Dan Ketentuan Mega Internet Individu, Mega Mobile Banking dan Mega Token" di atas, serta mengerti dan memahami seluruh isinya.




COPYRIGHT 2010. All Rights Reserved.